Perbedaan Zoom dan Google Meet

1 min read

perbedaan-zoom-meeting-dan-google-meet
Advertisements

Beberapa dari Anda pasti masih ada yang sering mempertanyakan apa perbedaan Zoom Meeting dan Google Meet. Karena keduanya adalah aplikasi konferensi video dan rapat online yang langsung naik daun ketika pandemi terjadi dan banyak negara yang menerapkan sistem work from home.

Kedua program ini juga sama-sama bisa digunakan secara gratis namun memiliki fitur dan kelebihan khusus yang hanya bisa dirasakan jika berlangganan. Dan untuk berlangganan, keduanya juga membutuhkan informasi kartu kredit atau Paypal sebagai metode pembayaran.

 

Lalu apa perbedaan antara Zoom Meeting dan Google Meet? Mari kita ketahui jawabannya bersama dalam di sini.

 

Perbedaan Zoom Meeting dan Google Meet untuk Konferensi Video

Jika membicarakan tentang perbedaan antara Zoom dan Google Meet, kita perlu membahasnya dari segala aspek. Karena ada kelebihan dan kekurangan Google Meet yang tidak ada di Zoom dan begitu pun sebaliknya.

 

Olah karena itu, berikut ini adalah perbedaan-perbedaan Zoom dan Google Meet dari semua aspek.

 

Kapasitas Peserta

Kapasitas Google Meet maksimal adalah 250 orang peserta aktif di dalam rapat dengan sekitar 100 ribu peserta lainnya yang bisa menyaksikan siaran langsung dalam aplikasi yang sama.

 

Sedangkan pada aplikasi Zoom, kapasitas peserta maksimalnya adalah 100 orang. Tetapi Anda bisa menambahkan kapasitasnya hingga 500 peserta dengan membayar biaya tambahan.

 

Durasi Meeting Gratis

Durasi Google Meet pada versi gratis dibatasi hingga 60 menit saja. Jika Anda berlangganan, durasinya menjadi tidak terbatas, sesuai dengan paket langganan yang berlaku.

 

Sedangkan pada Zoom, durasi rapat daring dalam versi gratis dibatasi selama 40 menit. Tetapi Anda masih bisa melanjutkan dengan fitur recurring yang mana akan mengundang kembali peserta secara otomatis.

 

Bandwidth dan Penggunaan Kuota

Dari segi bandwidth atau kecepatan internet minmal, Google Meet butuh sekitar 3,2 Mbps atau sekitar 400 KB/s untuk bisa melakukan streaming dari host dengan lancar. Sedangkan untuk peserta, dibutuhkan sekitar 2,6 Mbps agar bisa menonton tanpa kendala.

 

Sedangkan untuk Zoom, bandwidth yang dibutuhkan adalah sekitar 1,8 Mbps alias sekitar 200 KB/s untuk menoton maupun menyiarkan video dengan lancar.

 

Itulah dia perbedaan Zoom Meeting dan Google Meet untuk konferensi video dari aspek-aspek penting. Silahkan Anda tentukan sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan rapat atau belajar daring selama PSBB.

Tajwid surat Ad Dhuha

Admin
2 min read

Tajwid surat At Tin

Admin
2 min read

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: